Home » » Hilangkan Resah dan Gelisah dengan Sedekah

Hilangkan Resah dan Gelisah dengan Sedekah

Sedekah merupakah salah satu hukum yang disyariatkan sejak umat yang terdahulu. Jika dipandang berdasarkan teori Islam, sedekah berasal dari kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela). Sedekah berbeda dengan hadiah, begitu juga dengan zakat.


Sedekah lebih utama diberikan kepada kaum kerabat atau sanak saudara terdekat sebelum diberikan kepada orang lain. Kemudian sedekah itu seyogyanya diberikan kepada orang yang betul-betul sedang mendambakan uluran tangan. Menafkahkan sebagian yang kita punya dengan mengharapkan keridhoan Allah jauh lebih baik daripada hanya sekedar memberi tanpa arti atau mengharapkan imbalan dari orang lain. Yang demikian itu tidak ikhlas. Dan tidak ada nilainya di mata Allah. 

Meskipun kita menyedekahkan sebagian yang kita punya kepada orang lain tapi jika mengharapkan imbalan yang muluk-muluk, maka sedekah itu tidak akan ada nilainya di mata Allah. Sebenarnya sedekah itu untuk diri sendiri. Jadi jika sedekah dibarengi dengan keikhlasan karena Allah, maka Allah akan melipatgandakan balasan yang akan diberikannya karena nilai ikhlas itu sendiri sudah dikuadratkan oleh Allah. Tak sedikit yang langsung menerima balasan dari sedekahnya dalam waktu yang sangat singkat. Sebaliknya, jika sedekah karena ada maksud-maksud terntentu atau tidak disertai dengan hati yang ikhlas, berarti ia sudah mengurangi balasan sedekah yang akan diterimanya sehingga akan dikembalikan kepada si pemberi sedekah dengan jumlah yang berkurang dari seharusnya. Bukankah siapa yang menanam, maka dia pula yang akan menuai. 

Sedekah yang kedua bukan berupa harta duniawi yang bisa dilihat mata melainkan bisa dilihat dengan hati. Maksud disini adalah berupa kebaikan, memberikan pertolongan, bahkan seulas senyum pun dapat dikategorikan sebagai sedekah. 

Kebersamaan yang dirasakan oleh orang yang gemar memberikan sedekah akan membawanya pada suatu kesimpulan bahwa sedekah itu sesuatu yang ajaib dan saat ini ia merasakan sendiri keajaiban itu. Ketenangan hati dan tercukupi kebutuhan pribadinya. Bukan hanya itu, manfaat sedekah juga bisa dirasakan oleh orang lain yang ada di sekitanya. Mereka yang tidak tau apa artinya berbagi atau sekedar tau secara teori akan lebih memahami pentingnya bersedekah. Juga dapat membuka pikiran orang lain bahwa dimanapun manusia berada pastilah membutuhkan bantuan orang lain sehingga termotivasi untuk ikut juga memberi sedekah. Baik langsung saat itu atau di lain waktu dan tempat yang berbeda. 

Banyak bersedekah juga akan memberikan ketenangan batin dan jiwa selain bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Bagi Anda yang selalu resah dan gelisah, kenapa tidak mencoba untuk mendawamkan bersedekah?
 
Support : Sholat Dhuha Kunci Rezeki | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Keajaiban Sedekah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger