Home » , » Nuke: Sedekah Memudahkan Langkah

Nuke: Sedekah Memudahkan Langkah

Berzakat dan bersedekah ternyata tidak hanya sekadar mengeluarkan sebagian harta kepada orang yang patut menerimanya, tapi di sisi lain sedekah bisa memberikan berkah dan hikmah kepada orang yang menunaikannya. Seperti yang diakui Nuke ini seorang pegawai negeri sipil (PNS). Sedekah membuat langkah hidupnya terasa dimudahkan Allah. Inilah ungkapan Nuke...

Sebagai bentuk rasa syukur saya terhadap apa yang telah Allah berikan dalam hidup ini, saya mencoba untuk menerapkan jiwa sosial dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam hal kebaikan.
Saya yakin jika kita melakukan kebaikan, Allah pasti membalasnya dengan kebaikan pula. Jadi inilah yang memotivasi saya untuk melakukan apapun agar hidup saya bermanfaat, untuk pribadi dan orang lain.

Termasuk berbagi, dalam hal satu ini saya selalu melatih untuk membiasakannya. Meski tidak banyak jumlah atau nominalnya, asalkan diniati dengan ikhlas insya Allah akan membawa manfaat yang luar biasa. Karena ibadah ini sudah jelas dan berulang-ulang disebutkan di dalam Al Quran maupun Sunnah RasulNya. Selain sudah menjadi perintah untuk menafkahkan sebagian harta, Allah juga menjanjikan ‘balasannya’ bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah ini.

Saya meyakini balasan atas ridho Allah itu tidak hanya sampai pada pribadi saya saja melainkan akan turun temurun kepada anak cucu. Oleh karenanya kebiasaan berbagi ini juga saya tularkan ke anak-anak saya. Alhamdulillah, mereka juga sudah mulai terbiasa untuk berbagi setiap kali mendapat rezeki.

Berkahnya Semakin Bertambah

Selain bekerja sebagai PNS, saya juga membuka usaha jasa cuci pakaian. Sejak awal membuka usaha ini, muncul inisiatif untuk mencucikan mukena yang ada di masjid secara rutin. Kebetulan tempat tinggal saya berdekatan dengan Masjid Agung An Nur yang terletak di tengah Kota Banjarnegara.

Usaha ini dijalankan oleh anak sulung saya, Praditya Prabu (24). Setiap bulannya, tanpa saya suruh, ia menyisihkan sebagian dari hasil usaha itu untuk disedekahkan. Subhanallah, rutinitas yang dilakukan anak saya ternyata memperlancar usaha tersebut. Setahun berjalan, usahanya berkembang pesat.

Saya juga pernah merasakan hikmah dari sedekah. Dulu ketika saya diberi kesempatan oleh Allah untuk menunaikan haji, saya berniat akan berbagi dengan anak yatim. Di tempat saya, jika ada yang akan berangkat haji, para tetangga, kerabat, atau teman sejawat pasti hadir dengan membawa sembako. Nah, sembako yang terkumpul dari para tamu tersebut saya sumbangkan kepada anak yatim. Saya berharap selama menjalankan ibadah haji, tidak mengalami hambatan dan dimudahkan oleh Allah.

Atas izin-Nya, pelaksanaan haji saya berjalan lancar tanpa ada hambatan sedikit pun sampai saya kembali ke rumah. Saya bersyukur atas kemudahan yang diberikan Allah tersebut. Pengalaman ini semakin menambah motivasi saya dalam berbagi. Saya sangat senang ketika bisa melakukan hal yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena saya berpendapat jika kita suka membantu, insya Allah suatu saat kita juga akan mudah dibantu oleh orang lain.

Sebagai manusia yang dalam hidup tak bisa lepas dari orang lain, pasti akan saling membutuhkan satu sama lain. Jika kita lebih mampu, sudah sepatutnya kita harus membantu kepada yang memerlukan bantuan. Saya akui, sejak membiasakan bersedekah -meski tak selalu besar nilainya- semua yang saya lakukan serasa dimudahkan. Memang benar adanya, jika sedekah merupakan ibadah yang penuh berkah. Saya sangat yakin itu. Sumber: suarasurabaya.net
 
Support : Sholat Dhuha Kunci Rezeki | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Keajaiban Sedekah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger